Thursday

MAKANAN YANG TIDAK BAIK UNTUK GINJAL

beberapa makanan dibawah ini tidak baik untuk orang yang sudah mengalami tanda-tanda sakit ginjal.. atau lebih baik kita hindari untuk orang-orang yang sehat....

1. Jengkol
Pada jengkol mengandung asam jengkolat atau jengkolic acid. Di ginjal, asam ini bisa mengkristal dan membentuk batu ginjal. walaupun beberapa orang menyukainya

2. Es Teh
Es teh sudah kita ketahui bahwa salah satu minuman favorit. Sebagai salah satu minuman yang paling populer di semua kalangan, Namun tidak dianjurkan untuk berlebihan mengonsumsi minuman yang segarnya meneduhkan ini karena mengandung oksalat, yakni salah satu senyawa yang bisa memicu pembentukan batu ginjal didalam tubuh..

3. Telur
Bagi orang sehat, telur memiliki kandungan protein yang sangat kaya terutama pada putih telurnya. Tetapi, protein merupakan salah satu nutrisi yang sulit disaring oleh ginjal. Oleh karena itu, orang-orang dengan gangguan fungsi ginjal dianjurkan untuk membatasi protein.


4. Petai
Sama seperti telur yang kaya akan protein, petai juga mengandung asam amino yang merupakan salah satu penyusun protein. Senyawa ini juga sulit disaring oleh ginjal, sehingga makan petai bisa berbahaya bagi yang memiliki gangguan pada fungsi ginjal.

5. Makanan Kalengan
Banyaknya bahan tambahan membuat makanan kalengan cenderung kurang sehat dibandingkan dengan makanan segar. Salah satu kandungan yang tidak sehat adalah garam natrium, yang bisa memperparah kondisi ginjal bagi jika sebelumnya sudah memiliki gangguan.