Pages

Friday

Quran Viewer Android gratis

setelah membaca artikel di pengusahamuslim.com yang di tulis oleh akh. win permana sebuah aplikasi beken dengan nama iQuran. saya tertarik untuk memposting hal yang penting untuk diketahui oleh kita tentang aplikasi ini... yah walaupun Hp ku tetap jadul ...

iQuran merupakah salah satu Quran Viewer (sebutan yang saya buat untuk aplikasi-aplikasi yang bertujuan untuk menampilkan mushaf Al-Quran dalam bentuk digital) yang populer di Google Play Store. Apa sajakah fitur atau keunggulan yang saya maksudkan di atas. Cekidot juragan!

1. Big but movable
 Ukuran iQuran sebenarnya lumayan besar yakni sekitar 16 MB. Namun berhubung Anda bisa memindahkannya ke SD Card atau memori eksternal, aplikasi ini kemudian bisa menjadi sangat kecil, yakni 352 Kb saja. Bagi Anda pengguna smartphone Android yang cekak kapasitas internalnya, size aplikasi adalah sebuah constraint (baca: hambatan) yang harus ditanggulangi. Tapi syukurlah iQuran tidak termasuk salah satu aplikasi yang akan memakan memori internal Anda.


Setelah diinstal, Anda tidak perlu takut dengan peringatan yang berbunyi "your phone is out of capacity" atau sejenisnya. Di samping bersahabat dengan memori internal, iQuran juga tidak akan menjadi musuh bagi procesor ponsel cerdas kesayangan Anda. Kesederhanaan fitur aplikasi ini menjadikannya cepat saat dibuka dan gegas saat digunakan.

Kalau dicermati, salah satu faktor yang menyebabkan cepatnya iQuran adalah karena absennya pemrosesan data yang terjadi di balik layar seperti yang sering hadir pada beberapa aplikasi di ponsel cerdas pada umumnya. Di ekosistem Android, ada begitu banyak aplikasi yang diam-diam berusaha untuk menyedot pulsa Anda dengan cara meghubungkan dirinya ke internet. Salah satu alasannya sih karena ingin mempelajari perilaku pengguna dengan ponsel cerdasnya untuk alasan yang baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Untunglah, iQuran tidak melakukannya.

2. Portrait Mode
 Pembuat aplikasi ini sepertinya hendak mengembangkan Quran Viewer yang benar-benar enak dibaca dalam modus portrait. Hal ini memberikan keuntungan bagi para pengguna ponsel karena dari segi kenyamanan, para pengguna tentu saja akan lebih memilih untuk menggenggam ponsel mereka dalam modus portrait ketimbang landscape. Apalagi untuk aktivitas yang sering memakan waktu yang cukup lama seperti saat Anda sedang menikmati firman-firman Allah. 

3. Colorful 
Salah satu ciri khas Quran Android adalah pada warna mushafnya yang akan mengingatkan kita dengan warna-warna kitab yang sering dipelajari di pondok salaf yakni kitab kuning. pengembang iQuran, uniknya, dengan pendekatan desain yang berbeda sepertinya memilih untuk menggunakan warna yang lebih ramai ketimbang kuning.

4. Tajwid friendly
Di bagian bawah iQuran, Anda akan selalu melihat lima hukum tajwid yang sangat populer, yakni Qalqala, Iqlab, Idgham, Ikhfa', dan Ghunna. Fungsi kelima hukum yang ditampilkan dengan warna-warna berbeda ini adalah sebagai pemandu Anda saat membaca Al-Quran. Saat menemui bacaan yang mengandung Qalqala maka bacaan tersebut akan diwarnai dengan warna hijau, sementara Iqlab ditandai dengan warna ungu, dan seterusnya. Bagi para pemula dalam membaca Al-Quran, hal ini tentu saja akan sangat membantu. Tapi bagi para pembaca yang sudah mahir, desain seperti ini pasti akan menambah keyakinan mereka saat melantunkan bacaan Al-Qur'an.

Sekali lagi, perlu Anda maklumi bahwa fitur tajwid ini hanya berlaku untuk iQuran Pro. Bagi para pengguna versi free, kita semua bisa menikmati fitur ini hanya di juz 30 saja. Tidak perlu bersedih. Nikmati dan pelajari saja semua yang sudah disediakan di juz 30.

5. Free

6. Bookmark
Bookmark atau penanda adalah fitur penting di semua Quran Viewer yang ada saat ini. Fitur ini sama pentingnya dengan lidi saat kita mengaji di rumah ustad di kampung kita dengan Quran yang terbuat dari kertas seperti biasanya. Dengan fitur ini, Anda tidak akan lupa dengan surat atau ayat terakhir yang sudah Anda baca. Cukup dengan satu-dua sentuhan, penanda itu pun berfungsi.

7. English translation
iQuran memberikan kita satu buah versi translasi Al-Quran, yakni dari Shakir (english). Untuk melihat terjemahan versi Indonesia atau bahasa yang lainnya, kita harus pindah ke iQuran versi pro. Fitur yang sejatinya mudah kita temukan di Quran Android. Di dalam iQuran, terjemahan ditampilkan langsung di bawah ayat sehingga akan memudahkan para penggunanya menikmati sekaligus memahami kalam ilahi ini.

Cek iQuran Lite @ Google Play Store

No comments:

Post a Comment

dimohon komentar yang layak