Wednesday

Makanan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kebutuhan akan protein sama pentingnya seperti vitamin, serat dan karbohidrat. Karena itulah asupan makanan sumber protein tak boleh terlewatkan. Susu, tahu dan telur bisa diberikan pada si kecil agar kebutuhannya terpenuhi.

Saat berusia di bawah lima tahun, proses tumbuh kembangnya sedang berlangsung. Sebagai penunjag dalam proses perkembangan ini sangatlah memerlukan makanan bernutrisi. Berikut lima jenis maknaan kaya protein yang baik diberikan pada balita.


1. Telur
Telur menawarkan sejumlah protein hewani. Secara alami juga mengandung vitamin D yang dapat membantu menyerap kalsium. Telur bisa diberikan saat sarapan pagi bersama segelas susu, untuk mencegah cepat lapar saat di sekolah.

 2. Tahu
Tahu merupakan sumber protein nabati yang bersifat anti kanker. Karena itulah sangat baik diberikan pada si kecil. Sajikan sebagai campuran sup atau tumisan bersama sayuran hijau seperti bayam, caisim ataupun sayuran oranye seperti wortel.

3. Kedelai hitam
Kedelai hitam juga sumber protein nabati. Selain itu juga mengandung serat dan kalsium yang sangat dibutuhkan anak-anak usia di bawah lima tahun. Kedelai hitam ini banyak digunakan untuk bahan baku kecap.

4. Yogurt
Yogurt tak hanya mengandung bakteri menyehatkan, tapi juga mengandung banyak protein. Berikan pada si kecil dengan menambahkan sedikit madu atau potongan buah starwberry yang asam segar. Bisa juga tambahkan buah kering untuk meningkatkan energinya.

5. Susu
Protein dan kalsium banyak terdapat dalam susu. Minuman wajib si kecil ini sangat penting dalam membangun jaringan otaknya. Sedangkan kalsiumnya bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat.