Wednesday

BEBERAPA TIPS CARA MEMBACA CEPAT




Salah satu jalan untuk mendapatkan ilmu dengan banyak membaca. Membaca di sini baik dalam ilmu dunia maupun ilmu agama. Dengan metode membaca cepat, bahan bacaan yang begitu banyak bisa dibaca dengan cepat dalam waktu singkat. Beberapa Tips untuk membaca cepat dapat kamu ikuti.. salah 5 nya ada disini...


1- Percepat:
Bagian yang sudah kita pahami bisa dipercepat dalam membaca. Bahkan bagian yang terasa tidak penting bisa dilompati.

2- Perlambat:
Bagian yang terasa sulit dipahami, cara membaca diperlambat agar dapat memahami istilah baru dan sulit.


3- Tidak bersuara:
Tidak perlu mengeluarkan suara saat membaca, karena mengeluarkan suara seperti itu membuat proses membaca memakan waktu lebih lama.

4- Tidak bergerak:
Tidak banyak bergerak saat membaca akan membuat proses membaca lebih cepat dan tidak membuang-buang waktu.

5- Merasa diri tidak tahu:
Ketika membaca buku atau kitab janganlah berpikir bahwa kita sudah tahu isi buku tersebut karena hal itu akan membuat kita tidak ingin tahu lebih banyak atau tidak ingin menambah ilmu. Sehingga kurang semangat untuk mengulas isi buku yang kita baca.

Semua hal di atas semakin mudah dilakukan jika kita senantiasa meminta tolong kepada Allah dan selalu memohon pada-Nya ilmu yang bermanfaat.

Di antara do’a yang bisa dipanjatkan adalah do’a memohon kemudahan berikut ini,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً
Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.[1]

Selain itu, salah satu dari doa nabi kita Muhammad –shollallahu alaihi wa sallam- yang dilakukan setiap pagi hari setelah sholat subuh, sebagaimana yang ada dalam “Musnad Imam Ahmad” dan “Sunan Ibnu Majah” dan selain keduanya, dari hadis Ummu Salamah –radhiallohu anha- berkata: “Dahulu Rasulullah –shollallahu alaihi wa sallam- berkata setiap selesai sholat subuh setelah salam:

اللهم إني أسألك علما نافعا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Ya Allah sesungguhnya saya memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima”, dalam riwayat yang lain “amal perbuatan yang sholeh”.

Rasulullah –shollallahu alaihi wa sallam- dalam doanya setiap hari mendahulukan ilmu yang bermanfaat atas rizki yang baik dan amal yang diterima, hal tersebut disebabkan karena seorang hamba tidaklah dapat membedakan antara rizki yang baik dan yang jelek, antara amal yang sholeh dan yang tholeh kecuali dengan ilmu yang bermanfaat (al-Ilmu an-Nafi’).

semoga bermanfaat yang sedikit ini bagi kita semua..

sumber : remajaislam.com dan majalahislami.com




[1] Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya (3/255). Dikeluarkan pula oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah. (Lihat Jaami’ul Ahadits, 6/257, Asy Syamilah)