Pages

Monday

MENGENAL PASSING GRADE

Adik-adik tahu gak apa itu passing grade...?
Pasti kita semua beranggapan Passing grade adalah batas minimal agar diterima di sebuah PTN. Ternyata pada dasarnya PTN maupun panitia SNMPTN tidak pernah menggunakan passing grade dalam penerimaan mahasiswanya.

Adapun sistem passing grade yang sudah kita kenal biasanya digunakan di PTS yang mempunyai banyak gelombang penerimaan mahasiswa. Nah PTS yang memakai system banyak gelombang penerimaan gini yang menggunakan sistem passing grade. Misalnya katakan passing grade di Informatika BINUS itu 80, maka semua anak yang nilainya diatas 80 akan dinyatakan diterima sebagai mahasiswa informatika. Sehingga mungkin aja jurusan-jurusan yang favorit sudah penuh kuotanya sejak gelombang gelombang awal. Karena banyak yang minat, secara kasar maka akan semakin banyak anak yang meraih nilai diatas 80 (missal tadi) sehingga kuota akan penuh sebelum gelombang terakhir. Contoh nyata di UPN Veteran Jogja dimana terdapat empat gelombang penerimaan, tetapi sampai gelombang kedua, jurusan teknik perminyakannya sudah penuh.


Nah, sistem tersebut ga mungkin diterapin di SNMPTN ataupun penerimaan mandiri PTN. Sistem SNMPTN maupun ujian mandiri PTN memakai rangking, jadi sebelum mengadakan seleksi, diumumkan kuotanya terlebih dahulu, baru kemudian hasil ujian calon mahasiswa tersebut di rangking dan yang akan diterima sebatas kuota tadi bedasarkan nilai terbaik.

Selama ini passing grade yang beredar tersebut dibuat oleh bimbel, jadi angka-angka yang tertera tidak jelas asal muasalnya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.Yang mesti kita lakukan adalah mempersiapkan SNMPTN sebaik mungkin. Yak karena mempercayai passing grade yang tidak jelas asal-usulnya sehingga mengubah keputusan kita merupakan suatu hal yang bisa jadi kesalahan. kesalahan apabila jurusan yang kita anggap persaingannya ketat ternyata "gampang" atau sebaliknya. Salah apabila kita ganti jurusan yang minati cuma gara-gara passing grade nya besar. Salah apabila kita menganggap semakin tinggi passing grade, maka jurusan tersebut semakin besar peluang kerjanya/paling menjamin.

Lalu apa parameter buat mengukur tingkat keketatan suatu jurusan? Nah disini kita lebih tepat melihat daya tampung per peminat tahun lalu untuk mengukur suatu ketetatan jurusan.Kenapa digunakan peminat tahun lalu? Karena kita ga bakal tau peminat yang akan datang, jadi diasumsikan bahwa peminat tidak akan jauh berbeda dari tahun lalu. Kenapa lebih tepat digunakan parameter tersebut? Karena apabila peminatnya banyak dan daya tampungnya kecil, maka otomatis untuk bisa lulus di jurusan tersebut akan relative lebih sulit dibanding jurusan yang peminatnya sedikit namun daya tampungnya besar.

Misalnya nih setelah kita memutuskan pengen ke FK, trus baru menentukan kira-kira kampus mana yang peluang masuknya besar, maka lihat daya tampung per kuota masing-masing PTN. Daya tampung PTN 2013 dan Peminat tahun 2012 akan diumumkan bersamaan dengan dibukanya pendaftaran SNMPTN Undangan.

No comments:

Post a Comment

dimohon komentar yang layak